BAI Subang Sidak Gedung Kebudayaan yang Terlantar dan Mirip Sarang Burung

Minggu, 14 Februari 2021, 17:28 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Ketua Badan Advokasi Indonesia (BAI) Kabupaten Subang Darman Sri Gandi, SH, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Gedung Kebudayaan di Kawasan Hutan Kota Ranggawulung, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Minggu (14/02/2021). Sidak terhadap gedung milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tersebut didampingi sejumlah anggotanya.

Sidak dilakukan karena pembangunan gedung tersebut menghabiskan anggaran besar. Gedung yang dibangun dengan dana 6,484 miliar rupiah itu sepintas mirip dengan sarang burung.

Berita Terkait : Amankan Aset DKI, Inggard Sidak Bangunan Bermasalah di Muara Angke

"Maka dari itu, kami sidak ke Gedung Kebudayaan," ucap Darman dalam rilisnya.

Menurutnya, sidak dilakukan karena ramainya pemberitaan di media massa yang menyampaikan gedung tersebut terbengkalai dan bentuknya tak biasa, sehingga jadi sorotan sejumlah pihak. Dari sidak ini, tambahnya, BAI akan mengirimkan surat ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Subang untuk audensi terkait pembangunan gedung tersebut.

Berita Terkait : Sudin UMKM Jaksel Singgung Kebiasaan Pedagang Stasiun Tebet Kotor dan Kumuh

Sebab, proyek ini tertera dengan nomer kode tender: 4190710, sebagai pelaksananya Dinas PUPR Subang. Adapun sumber anggaran berasal dari APBD Kabupaten Subang tahun 2019.

"Surat untuk audensi dalam rangka minta penjelasan terkait pembangunan Gedung Kebudayaan kepada Dinas PUPR akan kami kirim besok," ucapnya.

Berita Terkait : Minat Warga Subang Divaksin Tinggi Sekali, Sayangnya Vaksin Terbatas

Audensi ini, tambah dia, perlu dilakukan agar masalah pembangunan gedung yang menelan anggaran dari uang rakyat dan sangat besar itu, bisa terungkap. "Coba anggaran 6 miliar rupiah lebih itu untuk pembangunan jalan atau normalisasi sungai, tentunya lebih bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Subang," ujarnya.

Karena, lanjut dia, masyarakat lebih membutuhkan jalan yang mulus, dan normalisasi sungai, agar roda ekonomi masyarakat semakin berputar, tidak ada kecelakaan di jalan berlubang dan masyarakat tidak kebanjiran. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal