Lusa, Pemkot Depok Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Selasa, 12 Januari 2021, 20:41 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melakukan vaksin Covid-19 sebanyak 11.140 orang tahap pertama pada hari Kamis 14 Januari 2021. “Untuk Kota Depok, vaksinasi Covid-19 dilakukan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) sesuai jadwal yang ditetapkan Pemerintah Pusat,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai inspeksi kesiapan dan simulasi vaksinasi Covid-19 di RS UI, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, Kota Depok sudah siap melaksanakan vaksinasi Covid-19. Tentunya dari segi perencanaan, baik dari sisi tempat pemberian vaksinasi dan sumber daya manusia (SDM), tenaga kesehatan maupun calon penerima vaksin.

Berita Terkait : Nekat ke Luar Kota Pas Libur Imlek, ASN Pemkot Depok Bakal Kena Sanksi

Lebih lanjut, ucap Mohammad Idris, saat launching nanti akan dilakukan pemberian vaksin ke Aparatur Sipil Negara (ASN), kepolisian, dan TNI. Selain itu juga diberikan untuk tenaga kesehatan, komunitas sosial, Satuan Tugas (Satgas) Pemerintah, serta masyarakat rentan lainnya.

“Tahap awal pemberian vaksin Covid-19 ini saat launching, untuk jumlahnya masih dalam tahapan pendataan,” tambahnya. Meski demikian, Mohammad Idris memastikan vaksin Covid-19 tersebut aman.

Berita Terkait : Polres Metro Depok Dirikan Kios Masker Gratis di 6 Stasiun

Pasalnya, vaksin tersebut sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Masyarakat tidak perlu khawatir karena vaksin ini sudah resmi mendapatkan izin dan halal,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan sebanyak 11.140 orang di Kota Depok akan mendapatkan vaksin Covid-19 untuk tahap I. “Kami berikan ke pejabat ASN, kepolisian, maupun TNI sebagai motivasi masyarakat,” katanya.

Berita Terkait : 7 Makam Korban Covid-19 di TPU Karaba, Depok Ambles

Novarita menuturkan, untuk tahap I, vaksin juga diberikan kepada tenaga kesehatan sebanyak 11.127  akan menerima vaksin Covid-19. Lebih lanjut, ucap Novarita, pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan karena mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Karena itu, perlu dilakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Tenaga kesehatan memiliki peran yang besar dalam penanganan Covid-19, sehingga menjadi kalangan yang dikhususkan dalam penerimaan vaksin tahap I,” tandasnya. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal