DPRD Jabar Alokasikan Anggaran Untuk Pembebasan Lahan di Setu Rawa Kalong

Selasa, 12 Januari 2021, 16:56 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Rahmad menyebut akan alokasikan anggaran untuk pembebasan lahan parkir di Situ Rawa Kalong, Cimanggis, Depok.

Pernyataan tersebut diungkapkan Hasbullah Rahmad, ketika melakukan inspeksi mendadak bersama sejumlah anggota DPRD lainnya di Situ Rawa Kalong.

“Kedepan, kita akan alokasikan anggaran untuk pembebasan lahan, lahan tersebut untuk parkir kendaraan sehingga tidak ada lagi yang parkir di bahu jalan. Jadi, Setu Rawa Kalong sudah siap sebagai salah satu destinasi kawasan wisata air di Kota Depok,” kata Hasbullah Rahmad usai meninjau Setu Rawa Kalong bersama Dinas Sumber Daya Air Propinsi Jawa Barat, Selasa (12/01/2021).

Berita Terkait : Polres Jakpus Bongkar Pemalsuan Surat Keterangan Hasil Swab Antigen

Hasbullah menuturkan, dengan potensi alam yang cukup memadai, Setu Rawa Kalong akan menjadi kawasan wisata air yang bagus. Dan juga bisa menghidupi masyarakat sekitar setu.

“Kami akan melepaskan ribuan ikan di setu ini. Dengan harapan ditahun kedua setelah pelepasan ikan tersebut, masyarakat bisa memanen ikan dengan cara memancing ataupun menjala. Tetapi tidak boleh mengambil ikan dengan cara meracuninya. Untuk giat olahraga di Setu Rawa Kalong, tentu akan dibangun area Jogging Track,” kata politisi PAN Hasbullah.

Untuk mendukung area Setu Rawa Kalong sebagai tempat destinasi wisata air, maka akan dibangun Amphiteather. Diketahui bahwa Amphiteather merupakan suatu tempat terbuka yang biasa digunakan untuk menjalankan pagelaran seni demi tujuan menghibur.

Berita Terkait : Kadis SDA DKI Pastikan Pembebasan Lahan Terus Berlanjut

Untuk kebersihan lingkungan Setu Rawa Kalong, dirinya berharap keberadaan pabrik-pabrik yang ada di sekitar Setu agar tidak membuang limbah pabriknya ke Setu.

“Sayang, jika Setu yang telah dialokasikan dana anggaran dari pusat melalui BWSCC dan Propinsi Jawa Barat menjadi tercemar, karena mereka masih membuang limbah tanpa diolah terlebih dahulu. Tentu ini perlu monitoring dari pihak DLHK Kota Depok dan Propinsi Jawa Barat sehinnga mereka tidak mencemari lingkungan dan membunuh biota yang ada di Setu Rawa Kalong,” katanya.

Dia mengingatkan, bahwa Setu bukan tempat buang sampah, bukan tempat buang limbah. Akan tetapi Setu merupakan tempat rekreasi modern bagi masyarakat Kota Depok.

Berita Terkait : Kapolda Jabar Cek Kesiapan Pengamanan Nataru

“Ya, bertahap pembangunannya. Mulai dari pembangunan fasilitas MCK, lahan parkir sampai penghijauan. Sehingga Setu Rawa Kalong menjadi tempat rekreasi kebanggaan warga Depok,” tandasnya. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal