Polres Subang Siapkan Personel dan Peralatan Hadapi Bencana Alam

Jumat, 13 Nopember 2020, 20:32 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi dengan berbagi instansi terkait Kabupaten Subang. Rapat koordinasi berlangsung di Kantor Rapat PJT II Subang, Jalan Arief Rahman Hakim No. 16, Kecamatan/Kabupaten Subang, Jumat (13/11/2020) jam 09.00 WIB.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur mengatakan, pelaksanaan rakor hal yang penting untuk menyiapkan penanganan dan penaggulangnan bencana yang tiap tahun rutin. Dengan dilaksanakannya rakor ini, kata dia, bisa terinvestarisir kekuatan dan peralatan apa saja yang dimiliki untuk kesiapsiagaan penanganan dan penanggulangan bencana.

"Mudah-mudahan dengan terlaksananya rakor ini, jika terjadi bencana, insyaAllah, kita sudah siap. Tapi semoga musibah bencana alam tidak terjadi," ujarnya.

Berita Terkait : Kapolres Subang Minta Dai Kamtibmas Ingatkan Masyarakat Bahaya Covid-19

Sementara Kepala BPBD Subang Hidayat mengatakan, data daerah rawan banjir di Kabupaten Subang ada 63 desa, didominasi wilayah utara Kabupaten Subang. "Lokasi bencana alam longsor didominasi daerah selatan Kabupaten Subang yang daerahnya dipenuhi perbukitan dan pegunungan," ucapnya.

Untuk kejadian bencana alam di Kabupaten Subang yang dominan terjadi pada tahun 2020, lanjut dia, adalah tanah longsor dan pohon tumbang di daerah Subang Kota.

Pasiter Kodim 0605/Subang Kapten Arm Agus Supriyadi menambahkan, kesiapan dalam penanggulangan bencana dari tingkat Kodim 0605 Subang dari awal sudah melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana. Jika ada informasi bencana alam secepatnya akan langsung bergerak.

Berita Terkait : Polres Subang Siap Menjaga Distribusi dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

"Banyak sarana dan prasarana yang kita miliki, seluruh personil jajaran Kodim dan Koramil sudah siap sedia jika ada bencana," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Subbag Dal Ops Polres Subang AKP Usep Deni menyampaikan, informasi dari BMKG melalui pimpinan pusat bahwa hujan akan terjadi Januari sampai Februari, tentunya perlu diantisipasi.

"Kasus Covid 19 belum menurun jadi tetap perlu diwaspadai. Polres Subang sudah menyiapkan alusista penanganan dan penanggulangan jika terjadi bencana alam," pungkasnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal