Polresta Cirebon Prediksi Puncak Arus Balik Libur Panjang Hari Ini

Minggu, 1 Nopember 2020, 10:24 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Polresta Cirebon, Jawa Barat memprediksi puncak arus balik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW di wilayahnya akan terjadi hari ini.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi menyampaikan, telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di jalur tol di Kabupaten Cirebon. Jika arus lalu lintas mulai padat, kata dia, kendaraan akan dikeluarkan di gerbang tol sebelumnya.

"Kalau di GT Palimanan Tol Cipali ini padat, nanti kendaraannya dikeluarkan di GT Plumbon," ucapnya.

Berita Terkait : Polrestro Jakpus Bagikan 300 Paket Sembako Gratis ke Pemulung dan PPSU

Nantinya, kendaraan yang dikeluarkan dari jalur tol di GT Plumbon Tol Palikanci akan diizinkan masuk kembali setelah melintasi wilayah Kabupaten Cirebon. Rekayasa ini, lanjut dia, akan berlaku saat terjadi kepadatan arus kendaraan di gerbang tol lainnya. Rekayasa akan diterapkan ketika antrean kendaraan di gerbang tol mencapai 1-5 km, dan akan dinormalkan kembali saat arus lalu lintasnya sudah terurai atau antreannya habis.

"Kami memprediksi puncak arus balik libur panjang kali ini terjadi mulai Minggu (01/11/2020) pagi hingga malamnya," tegas Kapolresta.

Ia pun telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan di rest area. Jika terjadi antrean kendaraan, maka rest area tersebut akan ditutup sementara. Para pengendara akan diarahkan untuk beristirahat di rest area selanjutnya. Rest area akan dibuka kembali saat pengendara yang beristirahat mulai melanjutkan perjalanannya.

Berita Terkait : Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Presisi Nasional, Perpanjang SIM Bisa dari Rumah

Personel, katanya, sudah diploting untuk memastikan kelancaran dan keamanan arus balik. Personel berasal dari Polresta Cirebon, Dishub Kabupaten Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

Personel gabungan akan mengurai arus lalu lintas saat terjadi kepadatan kendaraan di sepanjang jalur arteri Pantura Kabupaten Cirebon. Sebab, kata dia, jalur Palimanan hingga perbatasan Kabupaten Cirebon dan Indramayu merupakan titik rawan kemacetan lalu lintas.

"Di sepanjang jalur itu terdapat pasar tumpah berpotensi mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas, sehingga kami siagakan personil," pungkasnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal