Mudah Dapatkan Kerja, SMK Diserbu Lulusan SMP

Wakil Walikota Bekasi bersama pelajar SMK
Jumat, 3 Juli 2020, 19:02 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan (Mencaker)  setelah lulus menjadi salah satu pertimbangan bagi lulusan siswa SMP untuk  melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sehingga banyak lulusan SMP menyerbu masuk SMK, maka tidak heran banyak para orang tua siswa berusaha agar anaknya bisa masuk ke SMK.

Seperti di SMK Negeri 3 Kota Bekasi yang berlokasi diwilayah Kecamatan Mustika Jaya. Sekolah kejuruan yang didirikan Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada tahun ajaran 2006/2007, hanya memiliki  dua jurusan. Yakni,  Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga.

Saat itu sekolah tersebut belum banyak orang tua murid yang tertarik dengan SMK Negeri 3, karena sekolah masih berupa unit sekolah baru (USB) dan kelasnyapun masih menumpang di SMP Negeri 26 Kota Bekasi. Jadi wajar bila keberadaan SMK Negeri 3 waktu itu tidak banyak diminati masyarakat.

Namun seiring berjalannya waktu kini SMK Negeri 3 kini telah memiliki 4 (empat) jurusan. Pertama jurusan Tehnik Komputer Jaringan (TKJ), Akutansi, Tata Boga dan Perhotelan.

Berita Terkait : Mau Laporan Hasil Kerja PPSU Dibacok Rampok

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 3, Drs Boan M.Pd didampingi Wakil Kerpsek Bidang Sarananya, Winarto saat ditemui, Kamis (2/7/2020) mengungkapkan, dalam Pendaftaran Penerimaan Peseta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 ini, kini SMK Negeri 3 sudah menjadi salah satu pilihan bagi lulusan SMP yang ingin masuk ke jenjang SMK.

Bahkan, bisa diistilahkan sampai menolak calon didik baru tersebut, karena antara jumlah pendaftar dengan daya tampungnya  tidak sebanding.

Sebagai contoh untuk pendaftaran tahap I yang daftar sebanyak 812 siswa, sementara yang kami terima hanya 325 siswa. Begitu pula pada pendaftaran tahap II yang mendaftar 660 siswa, sedang yang diterima 215 siswa.

“Alhamdullilah sekarang ini SMK Negeri 3 sudah menjadi pilihan orang tua siswa dan yang dulunya hanya memiliki dua jurusan kini sudah ada empat jurusan,” jelasnya.

Berita Terkait : Sejarah Keris Dhapur Kebo Disebut Keris Petani

Menurut Boan, dalam penerimaan siswa baru tersebut, kita memiliki beberapa jalur penerimaan. Seperti, jalur keluarga ekonomi tidak mampu, perpindahan, kesehatan, guru dan jalur  anak berkebutuhan khusus.

Untuk jalur anak berkebutuhan khusus, setiap tahun ajaran baru selalu kita siapkan untuk anak-anak tersebut dan hasilnyapun tidak mengecekan. Sebab, dibidang akademik siswa tersebut tidak kalah prestasinya dengan anak-anak yang normal.

“Biasanya siswa berkebutuhan khusus tersebut mengambil jurusan Akutansi, karena bakau mereka kerja nanti tidak perlu mondar-mandir dan hanya dibelakang meja,” jelas Winarto pula. 

Disinggung soal prestasi yang diperoleh siswa-siswi SMK Negeri 3, Boan mengungkapkan, sejumlah prestasi berhasil diperoleh anak-anak di SMK Negeri ini, salah satunya dibidang non akademik. Yakni, juara I pada gelaran futsal Timnas U-18.

Baca Juga : Pingin Punya HP Mewah, Sejoli Ini Halalin Segara Cara (Akhirnya Masuk Penjara Dah)

“Tentunya prestasi tersebut akan terus dipertahankan dan anak-anak akan terus mendapatkan pembinaan dari guru-guru yang mempunyai komitmen untuk memajukan sekolah dan anak didik,” katanya.(HDS)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal