Cegah Penyalahgunaan Narkoba

BNN Kota Depok Tes Urine Petugas Rutan Kelas 1 Depok

Sabtu, 20 Juni 2020, 18:35 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok menggelar tes urine terhadap petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Depok, Cilodong.

BNN Kota Depok dan Rutan Kelas 1 Depok bekerjasama untuk melakukan deteksi dini cegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan rutan.

Kepala Rutan Kelas I Depok Dedy Cahyadi menuturkan, kegiatan ini sesuai dengan arahan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam kegiatan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Pejabat Administrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang diselenggarakan di Graha Pengayoman melalui aplikasi zoom.

Berita Terkait : Raih WTP ke-9 Secara Berturut-turut, DPRD Kota Depok Apresiasi Kinerja Pemkot

Dalam pidatonya, Yasonna menyampaikan atensi kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, khususnya jajaran pemasyarakatan, untuk menjadikan masalah peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi fokus utama dalam pelaksanaan pekerjaan.

“Narkoba merupakan musuh utama bangsa yang dapat memberikan dampak buruk bagi generasi Indonesia di masa yang akan datang, untuk itu seluruh jajaran Pemasyarakatan diminta untuk tunduk dan taat kepada pimpinan, yaitu memberantas semua peredaran narkoba. Give The Best to Your Country (berikan yang terbaik untuk negaramu),” kata Dedy menyampaikan pernyataan Yasonna dalam keterangan tertulis yang di terima Lampu Hijau, Sabtu (20/6/2020).

Begitu juga dengan Surat Edaran Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Nomor ITJ.OT.02.01-03 tanggal 26 Mei 2020 tentang Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan perkusor narkotika (P4GN) serta arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan pada tanggal 12 Juni 2020 tentang komitmen untuk pemasyarakatan maju.

Berita Terkait : Optimalisasi Penanganan Korban Narkotika, Kemensos dan BNN Sepakat Kerjasama

Menurut Dedy, sinergitas aparat penegak hukum khususnya kepada BNNK Depok telah terlaksana dengan sangat baik. Rutan Kelas I Depok telah membuat perjanjian kerja sama dengan BNNK Depok pada tanggal 10 Februari 2020.

Dedy menegaskan, ini merupakan langkah nyata dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika serta tercapainya rehabilitasi narkotika bagi tahanan dan WBP di Rutan Kelas I Depok.

Dedy pun mengaku bersyukur, lantaran seluruh petugas yang menjalani pemeriksaan hasilnya negatif (terbebas) dari pengaruh narkoba.

Berita Terkait : Wakil Wali Kota Depok Pastikan Maju di Pilkada 2020

“Saya meminta kepada seluruh jajaran Rutan Kelas I Depok untuk meningkatkan komitmen dalam memberantas Narkoba di lingkungan Rutan Kelas I Depok, perkuat koordinasi dengan stake holder kita, BNNK Depok, wujudkan sinergitas aparat penegak hukum sehingga apa yang menjadi tujuan kita bersama dapat terwujud dengan baik.” ucapnya. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal