Metrologi Legal Award Kabupaten Cirebon Jadi Percontohan Nasional

Kamis, 7 Nopember 2019, 15:06 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Metrologi Legal Award dinilai sebuah inovasi kegiatan dalam membuktikan Kabupaten Cirebon sebagai daerah tertib ukur. Sebab, kegiatan tingkat Kabupaten Cirebon ini merupakan pertama di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Metrologi Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (DJPKTN) Kementerian Perdagangan RI Rusmin Amin di Cirebon, Kamis (7/11/2019). Menurutnya, kegiatan seperti ini harusnya digelar tingkat nasional. Namun, Kabupaten Cirebon mampu melakukan suatu terobosan yang luar biasa dalam upaya membudayakan tertib ukur di masyarakatnya.

Berita Terkait : Sekda Berharap Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Punya Peralatan Canggih

"Ini terobosan luar biasa, saya acungkan jempol. Kegiatan ini pertama di Indonesia, sebuah upaya untuk membangun kesadaran dalam tertib ukur," jelas Rusmin.

Patut diacungi jempol, lanjutnya, sebab Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon mampu melibatkan stakeholder di luar kekuasaan dari dinas tersebut. "Kabupaten Cirebon harus konsisten dan pertahankan kegiatan seperti ini. Karena jadi percontohan bagi daerah lain dalam membuktikan predikat sebagai daerah tertib ukur," katanya.

Berita Terkait : Serapan Anggaran Kabupaten Bogor Jeblok, Belum Sampai 50 Persen

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku bersyukur Kabupaten Cirebon mendapatkan predikat sebagai daerah tertib ukur dari Kementerian Perdagangan RI. "Sehingga, tingkat kepercayaan investor dan konsumen meningkat. Karena, dalam menarik investasi bukan hanya permudah perizinan, tapi juga pelayanan dan perlindungan dari pemerintah," tegas Bupati.

Bupati berharap, Metrologi Legal Award tak sekadar seremonial, tapi salah satu pemicu kesadaran tera ulang sehingga daerah tertib ukur dan niaga. "Kegiatan ini bermanfaat bagi Kabupaten Cirebon," jelasnya.

Berita Terkait : Personel Gabungan Siap, Pemkot Cirebon Yakin Arus Mudik dan Balik Lebaran Lancar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon Deni Agustin menambahkan, alat ukur dan timbang harus ditera dan ditera ulang agar bisnis menjadi barokah, sehingga bisnisnya semakin maju.

Metrologi Legal Award, lanjutnya, dilaksanakan tiap dua tahun sekali dengan empat kategori yaitu kecamatan, pasar, pelaku usaha menengah dan besar, serta mikro kecil dan perorangan. "Kegiatan ini merupakan bukti komitmen Kabupaten Cirebon sebagai daerah tertib ukur yang menjadi percontohan, karena baru pertama dilaksanakan di Indonesia," pungkasnya. (MGN/ADV)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal