Bupati Cirebon Ingin Pembangunan SOR Watubelah Segera Rampung

Rabu, 6 Nopember 2019, 20:01 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pembangunan Sarana Olahraga (SOR) di Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon diharapkan cepat rampung. Sehingga, bisa dijadikan pusat olahraga bagi masyarakat.

Harapan ini disampaikan Bupati Cirebon Imron Rosyadi, di sela-sela melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pembangunan SOR bersama pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon, Rabu (6/11/2019) sore. Menurutnya, pembangunan stadion dengan kapasitas 16.000 penonton tersebut sudah mencapai 50 persen. Namun, untuk menuntaskan pembangunan masih membutuhkan dana sekitar 400 miliar rupiah.

Sehingga, lanjutnya, butuh kerja sama antara eksekutif dan legislatif Kabupaten Cirebon agar ada anggaran untuk pembangunan SOR. Sebab, selama ini, dananya berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat.

Berita Terkait : Penerimaan CPNS, Bupati Cirebon Imbau Masyarakat Berdoa dan Belajar

Sementara, dana yang dikucurkan Provinsi Jawa Barat sudah 228,4 miliar rupiah. Padahal, bantuan paling banyak 250 miliar rupiah. "Artinya bantuan tinggal sedikit lagi dari APBD Provinsi Jawa Barat," jelasnya.

Selain memasukkan anggaran untuk SOR melalui APBD Kabupaten Cirebon, lanjutnya, juga terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Pusat. Apalagi, Pemerintah Pusat belum memberikan anggaran untuk pembangunan SOR.

"Kalau dapat anggaran besar, pembangunan bisa segera selesai. Stadion pun bisa digunakan masyarakat," ucap Bupati.

Berita Terkait : Intervensi Pasar Saat Ramadan, Pemda Kota Cirebon Gelontorkan Pangan Murah

Bupati menyampaikan rasa bangga jika stadion sudah selesai karena Kabupaten Cirebon, akhirnya punya stadion yang bagus. Sayangnya, stadion ini baru untuk cabang olah raga sepak bola dan atletik. Harusnya, menurut dia, stadion ini jadi pusat olagraga yang di mana terdapat untuk main volly, basket dan tenis.

"Ketika sudah selesai, stadion harus dikelola dengan baik, jangan sampai tidak terurus," pintanya.

Bahkan, katanya stadion pun harus bisa menghasilkan. Karena biaya operasional pemeliharaan tak mungkin bisa 100 persen dari APBD Kabupaten Cirebon. "Stadion ini harus ada pengelolanya," tegasnya.

Berita Terkait : Jaga Kamtibmas, Polres Cirebon Kota Gelar Deklarasi Damai Pasca Pemilu

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Teguh Rusyana Merdeka mengaku punya semangat sama ingin Cirebon lebih hebat. Salah satunya dengan menuntaskan pembangunan stadion tersebut.

"Stadion ini merupakan sebuah prestasi dan kebanggaan bagi Cirebon. Mari bersama-sama pikirkan untuk memenuhi kekurangan anggarannya," tegasnya. (MGN/ADV)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal