Cegah Pelanggaran, Bawaslu Kota Depok Launching Forum Warga

Selasa, 9 Juli 2024, 08:40 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok melaunching Forum Warga di Sekretariat Mitra Kardi Darsa (MKD), Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok pada hari Senin (8/7/2024). Forum warga dibentuk untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dalam mencegah pelanggaran yang terjadi pada tahapan Pilkada 2024 di Kota Depok.

Anggota Bawaslu Kota Depok Kordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas, Andriansyah mengatakan, Forum Warga diadakan sebagai ikhtiar sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat pada Pilkada 2024.

Berita Terkait : Ajak Partisipasi Aktif di Pilkada 2024, KPU Kota Depok Jalan Sehat Bareng Ribuan Warga

“Isinya adalah bersama warga kita melaksanakan dialog, ngobrol, dan pengawasan partisipatif,” kata Andriansyah.

Andriansyah menuturkan, warga diberikan pengetahuan tentang aturan-aturan yang berlaku dalam pelaksanaan Pilkada. Dengan demikian, diharapkan masyarakat mengetahui jika terjadi pelanggaran Pilkada dan dapat melaporkannya ke Bawaslu.

Berita Terkait : KPU Kota Depok Bakal Rekrut 5358 Pantarlih Untuk Pilkada 2024

“Untuk Forum Warga ini kita menjangkau semua elemen masyarakat, sekarang ormas nanti juga kita akan menjangkau komunitas dan pemilih pemula," ucapnya.

Ketua Umum MKD Kota Depok Yayat Supriyatna mengaku bersyukur organisasi yang ia pimpin terlibat dalam suksesi Pilkada melalui pengawasan partisipatif.

Berita Terkait : Bawaslu DKI Putuskan Penyelenggara Pemilu Ini Langgar Administrasi Rekapitulasi Suara

“Yang kita sampaikan bagaimana masyarakat bisa mengetahui tahapan-tahapan yang berjalan di Pilkada 2024. Sehingga masyarakat tahu mana yang dapat dilaksanakan dan mana yang dilarang dalam tahapan Pilkada. MKD sendiri kebetulan anggotanya ada yang bergabung di dalam Panwascam, ada juga di PPK, PPS, artinya memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan hingga pengawasan dalam kegiatan ini,” kata Yayat. HEN

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal