Deteksi Dini Kelainan Janin, Wanita Hamil Agar Rutin Cek Kesehatan di Puskesmas

Kepala Dinkes Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.H.Kes bersama Kepala DP2KBP3A Kabupaten Subang Nunung Suryani dan Kepala Dinsos Kabupaten Subang Deden Hendriana saat menjenguk sekaligus memberikan bantuan kepada Suci Wati, bayi menderita Hidrosefalus di Desa Sukatani, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Kamis (04/07/2024). FOTO: MANGUN WIJAYA/LAMPU HIJAU
Kamis, 4 Juli 2024, 21:20 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang imbau wanita hamil melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) agar terdeteksi sejak dini bilamana ada kelainan pada janin.

Kepala Dinkes Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.H.Kes mengatakan kasus Suci Wati, bayi derita Hidrosefalus terdeteksi sejak dini, karena ibunya rutin periksa kesehatan, sehingga lahiran dioperasi di RSUD Subang.

Berita Terkait : Cegah Kencing Manis, Warga Agar Terapkan Pola Hidup Sehat dan Rutin Cek Kesehatan

"Saat dalam kandungan, bayi ini terdeteksi derita Hidrosefalus oleh puskesmas dan terbukti pada saat lahir," ucap dr Maxi di Desa Sukatani, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Kamis (4/7/2024).

Maka dari itu, Ketua IDI Cabang Kabupaten Subang tersebut berharap wanita hamil rutin periksa kesehatan di puskesmas. Apalagi, di tiap puskesmas tersedia Ultrasonografi (USG) untuk periksa kesehatan wanita hamil.

Berita Terkait : Dinkes Subang Catat Penderita Katarak Capai 2.257 Orang

"Semua puskesmas sudah dilengkapi dengan USG, saya mengimbau seluruh wanita hamil selama masa kehamilan, minimalnya melakukan pemeriksaan kesehatan enam kali di puskesmas," ucapnya.

Pemeriksaan kesehatan rutin bisa deteksi lebih dini kelainan pada janin. "Mudah - mudahan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas di puskesmas sehingga setelah lahiran, ibu dan bayi sehat," ujarnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal