Selama Bulan Sadar Pajak, P3DW Subang Jaring 200 Kendaraan Menunggak PKB

Operasi Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor berlangsung selama Bulan Sadar Pajak pada Juni 2024 di Kabupaten Subang. FOTO: ISTIMEWA/LAMPU HIJAU
Rabu, 3 Juli 2024, 15:46 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW/Samsat) Kabupaten Subang melakukan Operasi Pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) berlangsung selama Bulan Sadar Pajak pada Juni 2024.

Operasi PKB dilaksanakan karena tingginya angka kendaraan tidak mendaftar ulang (KTMDU) di Kabupaten Subang, yakni 35 persen dari 457.920 unit kendaraan.

Dalam pemeriksaan pajak kendaraan bermotor tersebut, Samsat Subang melibatkan unsur Bapenda Jabar, Polres Subang, BJB, dan Jasa Raharja.

Kepala P3DW Kabupaten Subang, Lovita Adriana Rosa mengatakan, tujuan pemeriksaan PKB tak lain untuk memeriksa masa berlaku pajak atas kendaraan yang dikuasai dan sekaligus untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang kewajiban dalam membayar pajak kendaraanya.

Selain itu, pemeriksaan ini bukan hanya tentang kepatuhan pajak, tetapi juga tentang menciptakan kesadaran akan kewajiban warga dalam berlalu lintas yang aman dan bertanggung jawab.

Berita Terkait : Polres Subang Bongkar Praktik Pemalsuan Pestisida Berbagai Merek di Desa Citrajaya

"Dalam kegiatan tersebut, para pengendara yang terjaring operasi sebanyak 797 kendaraan dengan 200 kendaraan diketahui menunggak pajak dan telah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di lokasi pemeriksaan dengan nilai Rp147 juta,” kata Lovita, pada Rabu (3/7/2024).

Ia menjelaskan, operasi pemeriksaan Pajak Kendaraan Bermotor dalam bulan sadar pajak lebih disederhanakan. Petugas hanya melakukan pemeriksaan pajak kendaraan bermotor saja dengan mencermati STNK dan SKPD wajib pajak.

"Pemeriksaan ini dengan melihat STNK dan SKPD, apakah menunggak atau sudah melunasi pajak kendaraan bermotor. Untuk yang menunggak, kami akan memberikan informasi dan pemahaman kepada wajib pajak untuk segera membayar pajak," ujar Lovita.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lovita, bagi wajib pajak yang belum dapat melunasi saat pemeriksaan pajak kendaraan berlangsung, tim dari P3DW Kabupaten Subang telah menyiapkan surat pernyataan sebagai bukti bahwa wajib pajak telah diperiksa.

Dikatakan Lovita, Kegiatan Pemeriksaan PKB, selain untuk mendukung pembiayaan pembangunan yang berkelanjutan di Jawa Barat, juga untuk pembangunan di Kabupaten Subang.

Berita Terkait : Ngerampok Warga Kota Cirebon dan Subang, Tiga Warga Bekasi Diciduk Polisi

Di sisi lain, menurut Lovita kegiatan pemeriksaan kendaraan bermotor di Subang kami manfaatkan sekaligus untuk mensosialisasikan e-Samsat yakni pembayaran pajak melalui platform digital baik melalui Sambara di aplikasi Sapawarga maupun Signal juga pembayaran pajak melalui toko daring dan BumDes.

Lovita mengakui, banyak alasan masyarakat tidak membayarkan pajak kendaraannya. Di antaranya hanya BPKB masih di leasing, lupa, faktor ekonomi dan tak sempat waktu membayar pajak kendaraan.

"Jadi target kami dalam pemeriksaan pajak ini adalah semua kendaraan yang menunggak pajak. Harapan kami kepada wajib pajak agar membayar pajak kendaraannya tepat waktu," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Lovita tentang implementasi Pasal 74 Undang-Undang Lalu Lintas Tahun 2009, yakni apabila kendaraan tidak dibayar pajaknya selama dua tahun dari masa berlaku STNK, maka kendaraan tersebut akan dihapus dari registrasi Samsat.

"Kalau sudah dihapus, artinya kendaraan itu tanpa identitas, atau istilahnya bodong. Jadi apapun kesulitannya silahkan datang ke Samsat untuk memperpanjang pajak kendaraannya," ujarnya.

Berita Terkait : Tiga Minggu, Polres Subang Ringkus Enam Pengedar Sabu dan Obat Keras Tanpa Izin

Lovita berharap, dengan kegiatan operasi pajak kendaraan ini, para wajib pajak bisa sadar akan kewajibannya membayar pajak kendaraanya. Karena dengan bayar pajak, pembangunan didaerah akan berjalan lancar.

"Dengan pemeriksaan pajak kendaraan ini kita harapkan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan tepat waktu," pungkas Lovita. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal