Program Bulan Sadar Pajak Dongkrak Penerimaan PKB

Pelayanan Samsat Keliling di Kabupaten Subang, Jawa Barat. FOTO: ISTIMEWA/LAMPU HIJAU
Senin, 1 Juli 2024, 19:50 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kab. Subang membukukan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) selama Bulan Sadar Pajak sampai dengan Juni 2024 sebesar Rp. 75,668 milyar atau 44,63% dari target tahunan sebesar Rp. 169,542 milyar.

Jika di banding tahun 2023, terdapat kenaikan sebesar Rp. 1,551 milyar. Hal ini merupakan dampak positif dari kegiatan yang digelar P3DW Subang selama bulan sadar pajak di Juni 2024.

Berita Terkait : Polres Subang Selamatkan 2.300 Orang dari Bahaya Sabu dan Obat Keras Tanpa Izin Edar

"Selama pelaksanaan kegiatan bulan sadar pajak di bulan Juni, terdapat kenaikan PKB 1,136M, sedangkan untuk Kendaraan Tidak Mendaftar Ulang atau yang menunggak pajak turun sebesar 5%,” kata Kepala P3DW Subang Lovita Adriana Rosa dalam keterangan di Samsat Subang, Senin (1/1/2024).

Lovita merinci, program yang berlangsung sejak awal Juni 2024 ini, didorong pula oleh naiknya pembelian kendaraan baru di Subang. Sampai dengan bulan Juni penerimaan dari BBNKBI mencapai Rp. 63,685 milyar atau naik sekitar Rp. 1,144 milyar dibanding bulan juni tahun lalu.

Berita Terkait : Polres Subang Bongkar Praktik Pemalsuan Pestisida Berbagai Merek di Desa Citrajaya

Lovita menjelaskan implementasi dari program Bulan Sadar Pajak, adalah meningkatkan kualitas layanan disertai tindakan tegas bagi wajib pajak yang tidak taat. Peningkatan layanan, dimulai dari memaksimalkan pembayaran berbasis daring melalui aplikasi, menambah layanan ekstra Samling di hari Sabtu dan Minggu, mendatangi tempat umum dan perusahaan yang mempunyai kendaraan dinas operasional maupun kendaraan yang dimiliki karyawannya, maupun menyosialisasikan pentingnya pajak bagi pembangunan daerah di sektor krusial seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Sedangkan, tindakan tegas dilakukan bersama dengan instansi terkait seperti kepolisian dan Jasa Raharja dengan melaksanakan operasi pemeriksaan pajak kendaraan di berbagai titik.

Berita Terkait : Bareskrim Polri Bongkar TPPO Modus Pekerjakan Sebagai PSK di Sydney

“Selama bulan sadar pajak ini kami terus gencar melakukan sosialisasi baik ke sekolah dan perguruan tinggi maupun lewat media massa dan media sosial untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib bayar pajak kendaraannya. Dengan sosialisasi ini masyarakat menjadi tahu tentang hak dan kewajibannya. Misal membayar pajak kendaraan bermotor, itu merupakan hak bukan semata-mata kewajiban saja. Mengapa demikian?, karena masyarakat berhak pula untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui pembayaran pajak yang dibayarkannya. Hasil pajak daerah dari masyarakat ini diberikan kembali lewat dana bagi hasil kepada pemkab Subang untuk kegiatan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, fasilitas kesehatan, pendidikan, fasilitas umum dan tata kota, peningkatan pelayanan publik, pengembangan alat transportasi massal dan pariwisata,” pungkas Lovita. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal