Idul Adha adalah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi saat salat Idul Adha di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (17/6/2024). FOTO: ISTIMEWA/LAMPU HIJAU
Senin, 17 Juni 2024, 21:56 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Senin (17/6/2024) pagi.

Bersama dengan Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, forkopimda, serta sejumlah kepala perangkat daerah turut hadir dan berbaur bersama warga dalam menunaikan ibadah salat Iduladha.

Bertindak sebagai imam Ustad M Khaerudin, Penyuluh Agama Islam Kota Cirebon dan khatib KH Fathullah Rahman, Syuriah PCNU Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota mengatakan, Hari Raya Iduladha adalah hari besar kemanusiaan dan keimanan. Sebuah peristiwa yang menjadi awal syiar penyembelihan hewan kurban.

Peristiwa yang menunjukkan besarnya pengorbanan dan ketinggian iman dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, yang berdasarkan wahyu illahi, diperintahkan untuk menyembelih putranya, Ismail Alaihissalam.

Berita Terkait : Kapolresta Cirebon Bantu Bedah Rutilahu di Desa Lebakmekar dan Desa Gemulunglebak

“Momentum Iduladha ini harus dimanfaatkan untuk semakin meningkatkan spirit kemanusiaan di lingkungan kita masing-masing. Mari mengagungkan asma Allah melalui takbir dan tahmid sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat,” ujarnya.

Pj Wali Kota juga mengajak kepada seluruh jamaah salat Iduladha yang hadir untuk mendoakan orang tua, saudara, kerabat, dan sahabat yang kini tengah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah.

“Kita doakan bersama-sama orang tua kita, saudara–saudara kita, kerabat, dan sahabat kita agar diberi kekuatan, pertolongan, dan dimudahkan dalam menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat serta menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Cirebon juga akan memiliki hajat peringatan Hari Jadi Cirebon Ke-597.

Tahun ini adalah peringatan Hari Jadi Cirebon pertama dengan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) terbaru yakni Perda Nomor 4 tahun 2024 tentang Hari Jadi Cirebon.

Berita Terkait : Festival Kuliner Jalur Rempah Sarumban Ajang Memaknai Sejarah dan Promosi Budaya

Berbagai rangkaian kegiatan telah dirumuskan dan dilaksanakan dalam rangka menyambut momen tersebut. Kami berharap ini dapat menjadi ajang refleksi dan selebrasi yang bermakna bagi segenap masyarakat Kota Cirebon.

“Perjalanan Kota Cirebon yang telah begitu panjang diharapkan dapat kita lanjutkan dan mencetak sejarah-sejarah baru bagi perkembangan Kota Cirebon yang kita cintai,” tuturnya.

Sejalan dengan itu, Pj Wali Kota berharap setiap elemen masyarakat Kota Cirebon dapat bersatu dan bergotong royong dalam semnagat Cirebon Guyub yang menjadi tagline peringatan Hari Jadi Cirebon tahun ini.

“Sikap guyub adalah kekuatan kita. Kekuatan yang harus kita pertahankan untuk mewujudkan keinginan kita semua yang kita jadikan tema Hari Jadi Cirebon Ke-597, yaitu Kota Cirebon Mukti lan Mulya Selawase,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, H Moh Khuailid menyampaikan terimakasih kepada Pemda Kota Cirebon atas segala dukungan dan sinergitas yang dilakukan, terutama dalam kegiatan keagamaan. Mulai dari dukungan kegiatan kontes PAI, pekan olahraga seni di pesantren, pemberangkatan haji dan masih banyak lagi.

Berita Terkait : Festival Milm Kampung 2024 Ciptakan Karya Kreatif dan Kearifan Lokal

“Tanpa dukungan dan sinergitas , rasanya akan sulit program tersebut terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Dalam momen iduladha, Khuailid mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk memperkuat silaturahim dan rasa menyayangi terhadap sesama.

“Iduladha adalah momen istimewa, nuansa untuk saling mengasihi dan menyayangi. Pelajaran di dalamnya terdapat sebuah pengorbanan, arti mencintai sesungguhnya, keikhlasan dan kasih sayang terhadap sesama,” tuturnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal