Kadinkes Subang Beri Bantuan kepada Kakek Hidup Sebatang Kara di Desa Curug Agung

Kadinkes Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.H.Kes jenguk sekaligus memberikan bantuan kepada Usup (71) di Desa Curug Agung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (14/6/2024). FOTO: MANGUN WIJAYA/LAMPU HIJAU
Jumat, 14 Juni 2024, 15:50 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.H.Kes beri bantuan kepada Usup (71 tahun) di Desa Curug Agung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jumat (14/6/2024).

Saat kegiatan tersebut, dr Maxi, S.H, M.H.Kes didampingi Kades Curug Agung Iwan Hermawan; Bhabinkamtibmas Desa Curug Agung Bripka Andri Hermawan; Bidan Desa Curug Agung Siti Rumkasih dan Iin Nurhayati.

Menurut dr Maxi, S.H, M.H.Kes, pihaknya sengaja menjeguk sekaligus memberikan bantuan kepada Usup, kakek yang hidup sebatang kara yang menderita kelemahan pada anggota gerak sebelah kanannya.

Berita Terkait : Neng Supartini Raih Penghargaan Caleg PKB Berprestasi Penyelamat Kursi DPR RI

"Kakek Usup selain menderita stroke juga katarak matang. Kakek Usup ternyata tidak punya administrasi kependudukan seperti KK dan KTP. Selain itu, kakek Usup tidak punya BPJS Kesehatan," ucap Kadinkes Subang.

Maka dari itu, pihaknya datang ke rumah Kakek Usup selain beri bantuan sembako dan uang tunai juga mengupayakan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang.

"Kami upayakan agar kakek Usup bisa punya KTP dan KK, makanya koordinasi dengan Disdukcapil. Setelah punya KTP dan KK, kakek Usup akan dimasukkan ke dalam sebagai peserta BPJS Kesehatan," ujarnya.

Berita Terkait : Polres Subang Selamatkan 2.300 Orang dari Bahaya Sabu dan Obat Keras Tanpa Izin Edar

Kakek Usup dimasukkan sebagai penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Subang. "Setelah punya BPJS Kesehatan, kakek Usup akan dirujuk untuk dioperasi katarak," ujarnya.

Pihaknya punya target agar kakek Usup bisa melihat supaya lambat laun akan timbul kemandirian. "Kami optimis kakek Usup bisa sembuh dari kataraknya, sehingga bisa hidup mandiri," ucap Ketua IDI Cabang Subang ini.

Sementara itu, Iin Nurhayati, Ketua RT setempat yang merawat kakek Usup menyampaikan terima kasih banyak kepada Kadinkes Kabupaten Subang yang sudah jenguk dan beri bantuan kepada kakek Usup.

Berita Terkait : Polres Subang Bongkar Praktik Pemalsuan Pestisida Berbagai Merek di Desa Citrajaya

"Terima kasih banyak atas kepedulian dan bantuan dari pak Kadinkes Subang kepada kakek Usup," pungkasnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal