3.000 Tenaga Kesehatan di Puskesmas Jadi Sasaran Vaksinasi Hepatitis B

Kadinkes Subang dr Maxi, S.H, M.HKes pantau pelaksanaan vaksinasi Hepatitis B untuk nakes di Puskesmas Purwadadi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, kemarin. FOTO: ISTIMEWA/LAMPU HIJAU
Kamis, 18 April 2024, 14:17 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) pada pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Subang menjadi sasaran vaksinasi Hepatitis B. Hal tersebut dalam rangka melindungi nakes dari Hepatitis B.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Subang dr Maxi, S.H, M.HKes mengatakan nakes yang bertugas di puskesmas diprioritaskan untuk divaksinasi Hepatitis B. Karena, mereka paling beresiko tertular penyakit Hepatitis B.

Berita Terkait : Polres Subang Bongkar Praktik Pemalsuan Pestisida Berbagai Merek di Desa Citrajaya

"Vaksinasi Hepatitis B merupakan program Kementerian Kesehatan untuk melindungi tenaga kesehatan yang ada di puskesmas dari penyakit Hepatitis B," ucap dr Maxi, S.H, M.HKes, pada Kamis (18/04/2024).

Tenaga kesehatan yang divaksinasi Hepatitis B diprioritaskan untuk dokter, bidan, perawat dan ahli teknologi laboratorium medik (atlm) di puskesmas. Mereka akan dapat tiga dosis vaksinasi Hepatitis B.

Berita Terkait : Ngerampok Warga Kota Cirebon dan Subang, Tiga Warga Bekasi Diciduk Polisi

"Vaksinasi Hepatitis B terhadap tenaga kesehatan sejumlah 3 dosis dengan interval minimal antara dosis pertama dan kedua adalah satu bulan. Interval minimal dosis kedua dan ketiga adalah lima bulan," ujarnya.

Hal ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/2093/2023 Tentang Pemberian Imunisasi Hepatitis B untuk Tenaga Medis Dan Tenaga Kesehatan pada tanggal 23 Oktober 2023 serta rekomendasi dari ITAGI.

Berita Terkait : Tiga Minggu, Polres Subang Ringkus Enam Pengedar Sabu dan Obat Keras Tanpa Izin

Tenaga kesehatan di puskesmas menjadi sasaran vaksinasi Hepatitis B sekitar kurang lebih 3.000 orang. Dari sebanyak itu, sampai saat ini sudah mencapai 50 persennya atau 1.500 orang. Vaksinasi masih terus berjalan.

"Kami berharap dengan diberikan vaksinasi Hepatitis B tenaga kesehatan dapat terhindar dari sirosis, kanker hati, gagal hati, penyakit ginjal atau radang pembuluh darah," ucap Ketua IDI Kabupaten Subang tersebut. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal