Selama OKL 2024, Dinkes Subang Kerahkan 280 Nakes di Pos Pelayanan Kesehatan

Kepala Dinkes Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.HKes di Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Selasa, 02 April 2024. FOTO: MANGUN WIJAYA/LAMPU HIJAU
Selasa, 2 April 2024, 18:55 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang menerjunkan 280 tenaga kesehatan (nakes) di 10 pos pelayanan kesehatan pada Operasi Ketupat Lodaya (OKL) 2024 untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada pemudik.

Kepala Dinkes Kabupaten Subang dr Maxi, S.H, M.HKes mengatakan Dinkes Kabupaten Subang mendukung OKL 2024 yang digelar Polres Subang dari mulai 4 April hingga 16 April 2024 dalam pelayanan kesehatan.

Berita Terkait : Jelang Hari Raya Idul Fitri, Satresnarkoba Polres Subang Sita Ratusan Botol Miras

"Kami menginstruksikan seluruh puskesmas selama libur Lebaran untuk buka 24 jam. Hal ini untuk mengantisipasi dokter praktek mandiri, bidan dan perawat yang pulang kampung," ucapnya, Selasa (02/04/2024).

Dengan demikian, menurutnya, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa ke puskesmas. "Jadi ada 40 pos statis yang ada di 40 puskesmas akan buka pelayanan selama 24 jam," ucapnya.

Berita Terkait : Mentan RI Amran Kunker Sambil Serahkan Bantuan kepada Pemda Kabupaten Subang

Selain itu, tambahnya, ada 10 pos layanan kesehatan tersebar di Kabupaten Subang mulai dari wilayah selatan, tengah, dan utara Subang. Pos tersebut bersatu dengan tim kepolisian, dinas perhubungan dan satpol PP.

Dinkes Subang pun menerjunkan satu tim mobile yang memantau dan memonitoring kebutuhan pelayanan bila terjadi keadaan darurat di suatu titik. "Mereka yang bergerak mengkoordinasikan semua pos," ucapnya.

Berita Terkait : Peduli Warga, Kadinkes Subang Jenguk Pasien DBD di Puskesmas Sukarahayu

Untuk total tenaga kesehatan yang bertugas di pos pelayanan kesehatan ada 280 orang. Jumlah tersebut di luar tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas atau pos statis.

Untuk itu, pintanya, jika terjadi keluhan kesehatan segera ke puskesmas atau pos pelayanan kesehatan. "Pemudik akan dilayani di puskesmas atau pun pos pelayanan kesehatan secara gratis," ujarnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal