Polresta Cirebon Fasilitasi 36 Tahanan Gunakan Hak Suara pada Pemilu 2024

Polresta Cirebon memfasilitasi tahanan menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 di Rutan Polresta Cirebon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (14/02/2024). FOTO: ISTIMEWA/LAMPU HIJAU
Rabu, 14 Februari 2024, 21:45 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Sebanyak 36 tahanan di Rutan Polresta Cirebon mencoblos pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). Para tahanan tersebut tetap difasilitasi memberikan hak suaranya pada momentum pesta demokrasi kali ini.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol Sumarni mengatakan, jumlah pemilih di Rutan Polresta Cirebon tersebut terdiri dari 33 laki-laki dan tiga perempuan. Mereka tetap mencoblos karena telah terdaftar DPT pemilu 2024.

Berita Terkait : Kapolresta Cirebon Beri Penyuluhan kepada Santri Ponpes Bina Insan Mulia

Namun, proses pencoblosannya tidak berlangsung di TPS khusus, melainkan melalui mekanisme didatangi oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari TPS terdekat dari Mapolresta Cirebon.

"Para petugas KPPS dari TPS 04, TPS 19, dan TPS 20 Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, datang ke Polresta Cirebon untuk memfasilitasi para tahanan memberikan hak suaranya," ujar Kombes Pol Sumarni.

Berita Terkait : Kapolresta Cirebon Bantu Bedah Rutilahu di Desa Lebakmekar dan Desa Gemulunglebak

Ia mengatakan, sejak jauh-jauh hari jajarannya telah berkoordinasi dengan KPU dan tiga TPS tersebut ditugaskan untuk memfasilitasi proses pemungutan dan perhitungan suara para tahanan di Rutan Polresta Cirebon.

Adapun teknis pencoblosannya adalah petugas KPPS didampingi saksi dan pengawas TPS mendatangi tahanan di Rutan Polresta Cirebon. Kemudian barulah dilaksanakan proses pemungutan suara bagi para tahanan tersebut.

Berita Terkait : Kapolsek Binong Sosialisasi Bahaya Bullying kepada Ratusan Pelajar SDN Wates

"Sebelumnya, kami mensosialisasikan kepada para tahanan terkait teknis pencoblosannya. Kami juga menjamin tahanan yang berada di Rutan Polresta Cirebon bisa menggunakan hak pilihnya sesuai ketentuan," pungkasnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal