Kejari Depok Musnahkan BB Kasus Narkoba dan Tawuran

Rabu, 9 Agustus 2023, 18:17 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok Mia Banulita mengatakan, bahwa tindak pidana tertinggi adalah narkotika kemudian di urutan kedua perkara tawuran. Pelaksanaan eksekusi barang bukti (BB) putusan pidana yang dimusnahkan, dikatakan Mia, berasal dari 42 Perkara. Dan kegiatan ini merupakan pelaksanaan eksekusi barang bukti dan Rampasan yang kedua di 2023.

"Barang bukti dan rampasan yang dimusnahkan adalah perkara yang sudah diputus inkrah (berkekuatan hukum tetap) di 2023 tapi ini bukan dari Januari karena kegiatan ini merupakan kegiatan kedua kali di 2023," kata Mia kepada wartawan, Rabu (9/8/2023).

Berita Terkait : Kombes Deddy Sikat Puluhan BD Sabu, Ganja dan Ekstasi di NTB

Mia menjelaskan, bahwa mayoritas barang bukti dan rampasan yang dimusnahkan adalah obat-obatan terlarang yang terdiri dari ganja, sabu dan ekstasi beserta senjata tajam dan lainnya.

"Jadi tindak pidana yang paling banyak, yang paling tinggi di Kota Depok, yaitu perkara tindak pidana narkotika. Sampai saat ini tindak pidana Narkotika masih di urutan pertama yang terjadi di Kota Depok. Urutan yang kedua adalah, kekerasan seperti tawuran. Ini bisa kita lihat dari barang bukti yang kita Musnahkan hari ini," katanya.

Berita Terkait : Sopir Bigbird Positif Narkoba dan Tewaskan Pejalan Kaki Langsung Dipecat

Sementara Kepala Seksi Barang Bukti dan Rampasan Kejari Depok M. Adib Nuh menambahkan, pihaknya melaksanakan pemusnahan barang bukti berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Depok, Pengadilan Tinggi, Mahkamah Agung RI dan surat perintah Kepala Kejari Depok (P-48), yang amarnya memutuskan dan memerintahkan dari 42 perkara, ditetapkan dirampas untuk dimusnahkan sehingga tidak dapat dipergunakan lagi.

Narkotika Golongan I jenis ganja sebanyak sembilan perkara dengan berat netto 1.868,1973 gram. Narkotika Golongan I jenis shabu sebanyak 18 perkara debgan berat netto 293,6078 gram sedangkan obat-obatan terlarang sebanyak satu perkara dengan barang bukti 12 butir ekstasi.

Berita Terkait : Jajaran Polres Depok Amankan Anggota Satres Narkoba Polda Metro Jaya Bersama Barang Bukti Sabu

Selanjutnya, Kejari Depok turut memusnahkan barang bukti dan rampasan sebanyak delapan perkara dengan tiga buah celurit, satu buah pedang, satu buah gunting baja, satu buah gobang, satu buah linggis dan satu buah gunting besi. "Untuk barang bukti dan rampasan dari perkara lain-lain, sebanyak enam perkara dengan berbagai jenis pakaian dan berbagi jenis skin care," pungkasnya. HEN

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal