Kabupaten Subang Kekurangan 16 Dokter Gigi untuk Ditempatkan di Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi, SH, MH.Kes bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Subang saat edukasi gosok gigi kepada ratusan pelajar di SDN Panghegar, Kabupaten Subang, Senin (12/09/2022). FOTO: MANGUN WIJAYA/LAMPU HIJAU
Senin, 12 September 2022, 15:49 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang berharap mendapatkan alokasi calon aparatur sipil negara (ASN) dari pemerintah pusat untuk dokter gigi. Sebab, dinas ini mencatat kekurangan 16 dokter gigi untuk ditempatkan di puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi, SH, MH.Kes mengatakan setiap puskesmas seharusnya terdapat satu dokter gigi. Namun, dari 40 puskesmas yang ada di Kabupaten Subang, baru 24 puskesmas yang sudah ada dokter gigi.

Berita Terkait : Bupati dan Ketua DPRD Subang Apresiasi Pameran Kreasi, UMKM dan Produk Agro

"Kita masih kekurangan 16 dokter gigi untuk 16 puskesmas," ucap dr Maxi, SH, MH.Kes di sela-sela PDGI Cabang Kabupaten Subang melakukan edukasi gosok gigi kepada ratusan pelajar di SDN Panghegar, Kabupaten Subang, Senin (12/09/2022).

Kata pemilik Klinik Happy Healthy dan Apotek Happy Healthy Farma tersebut, dokter gigi sangat penting untuk ada di setiap puskesmas. Karena, sakit gigi menempati penyakit teratas di puskesmas.

Berita Terkait : DPRD dan Kejari Subang Lakukan MoU Terkait Perdata dan Tata Usaha Negara

"Kita berharap kalau ada pengangkatan calon ASN supaya bisa membuka lagi keran untuk dokter gigi di Kabupaten Subang, sehingga minimal satu puskesmas mendapat satu dokter gigi," ucapnya.

Kendati demikian, kata dia, masalah gigi dan mulut, puksesmas pun terus melakukan sosialisasi kepada anak-anak. Sosialisasi melalui usaha kesehatan sekolah, dan setiap tahun ajaran baru atau setiap masuk semester baru melakukan pendataan.

Berita Terkait : Selama Tahun 2021, Lima Penderita Tuberkulosis Wafat

"Pendataan itu biasanya selain mengukur tinggi badan, berat badan, imunisasi juga kesehatan anak-anak sekolah mulai dari kesehatan kulit, gigi dan mulut. Karena menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dilakukan sejak dini," pungkasnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal