Pemkot Tangsel Kebut Pengerjaan Jembatan Ambrol di Perumahan Puri Pamulang

Foto: DMY
Senin, 9 Mei 2022, 22:29 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) bergerak cepat memperbaiki jembatan ambrol di Perumahan Puri Pamulang, Pamulang. Melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK), Pemkot Tangsel mengebut pengerjaan jembatan yang ambrol akibat tergerus banjir beberapa hari lalu.

Kepala DSDABMBK Robby Cahyadi mengatakan, pihaknya akan membangun ulang jembatan sesuai dengan pedoman teknik dari kementerian PU, yaitu gambar standar jalan dan jembatan.

Berita Terkait : Truk Dinas SDABMBK Tangsel Mau Benerin Tanggul Jebol, Lewat Jembatan, Eh Jembatannya Ambrol... (Aduh, Kudu Dibenerin Dua-duanya Nih)

“Sesuai kondisi lapangan, bentang saluran drainase/kalinya 5 meter. Jadi kita buatkan konstruksi jembatan pendek kelas B dengan konstruksi beton bertulang” ujarnya. Nantinya, elevasi lantai jembatan juga akan ditinggikan karena di daerah itu sering terkena banjir. “Jadi ke depan, jembatan tersebut tidak akan tergenang banjir,” kata Robby.

Seorang pekerja Bernama Maman mengatakan, perbaikan jembatan ambrol di Puri Pamulang sudah dilakukan sejak tiga hari lalu. “Sudah tiga hari mengerjakan pembersihan sisa puing, nanti besok lanjut untuk pembuatan pondasi jembatan yang baru,” ujar pria 36 tahun asal Cirebon, Jawa Barat itu.

Berita Terkait : Pemkot Tangsel Jamin Keamanan dan Pelayanan Kesehatan Selama Libur Lebaran

Maman memperkirakan, pembuatan pondasi jembatan akan memakan waktu selama 14 hari kerja atau dua minggu. “Tergantung cuaca,” kata Maman.

Widji Rahayu (45) pengurus RW 09, Perumahan Puri Pamulang, mengapresiasi pembangunan jembatan baru itu. Menurut Ibu dua anak ini, di sekitaran jembatan ambrol itu sering terjadi banjir sehingga membahayakan dan menyulitkan warga yang lewat. “

Berita Terkait : Polres Subang Raih Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik

Bersyukur banget jembatannya mau dibuat yang baru. Terima kasih ya.. Karena bukan cuma was-was kalau dengan usia jembatan yang sudah tua itu. Tapi di sekitar sana juga kalau hujan air suka menggenang lumayan lebih dari semata kaki orang dewasa, jadi susah dilewatin harus muter lewat blok E,” paparnya.

Widji berharap pembuatan jembatan baru akan disertakan dengan perbaikan gorong-gorong atau saluran air. “Semoga akan diperbaiki juga saluran airnya. Supaya nggak banjir lagi kalau hujan. Dan bersyukur akan dibuatkan jembatan baru yang pasti akan bagus dari jembatan ambrol yang dibangun developer,” ungkapnya. (DTR)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal