Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan, KPU Kota Depok Undang Jaksa Kejari Jadi Narsum

Rabu, 30 Maret 2022, 19:42 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok gelar rapat koordinasi (rakor) Daftar Pemilih Berkelanjutan untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 mendatang secara virtual, Rabu (30/3/2022).

Jaksa dari Seksi Intelejen Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Alfa Dera menjadi narasumber (narsum) pada rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan. Alfa Dera mengatakan KPU wajib melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan dengan adanya Bawaslu dapat mengawasi pemutakhiran dan pemeliharaan data pemilih secara berkelanjutan yang dilakukan oleh KPU dengan memperhatikan data kependudukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berita Terkait : Kejari Depok Eksekusi Dua Terpidana Korupsi Dana Pendidikan ke Lapas Sukamiskin

Selain itu, sebelum menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka harus melalu tahapan menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) disusun oleh PPS berbasis domisili di wilayah rukun tetangga dan daftar pemilih sementara diumumkan selama 14 (empat belas) hari oleh PPS untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat harus diberikan oleh PPS melalui PPK kepada yang mewakili Peserta Pemilu di tingkat kecamatan sebagai bahan untuk mendapatkan masukan dan tanggapan.

“KPU Kabupaten atau Kota wajib memberikan salinan Daftar Pemilih Tetap kepada Partai Politik peserta Pemilu di tingkat kabupaten/kota dan perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu di tingkat kecamatan dalam bentuk salinan softcopy atau cakram padat dalam format yang tidak bisa diubah paling lambat 7 (tujuh) hari setelah ditetapkan dan Salinan softcopy atau cakram padat tersebut dilarang diubah,” tegas Alfa Dera.

Berita Terkait : Mpok Kiki Kembali Terpilih Jadi Ketua BK DPRD Depok

Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna menyampaikan, rasa terimakasihnya kepada narasumber, yakni pihak kejaksaan dan mengapresiasi kinerja Kejaksaan Negeri Depok yang terus melakukan inovasi dan telah mendukung fungsi dan kinerja KPU Kota Depok.

“Salah satu kesuksesan penyelenggaran Pilkada Kota Depok Tahun 2020 adalah Berkat dukungan dari teman teman Korps adhyaksa Depok dan kami Berharap sinergi Ini terus terjalin sampai tercapai Kesuksesan pelaksana pesta demokrasi kedaulatan rakyat di Kota Depok pada Tahun 2024,” harap Nana. (HEN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal