OJK dan BJB Gelar Pekan Vaksinasi Sambil Pembukaan Rekening Simpel

Senin, 25 Oktober 2021, 22:06 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon bersama Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat, Kantor OJK Tasikmalaya dan PT BPD Jawa Barat dan Banten, Tbk (BJB) menyelenggarakan Pekan Vaksinasi disertai Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar (Simpel) secara serentak di 4 Kota/Kabupaten di Jawa Barat dengan sasaran lebih dari 4.000 pelajar.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang bertujuan untuk meningkatkan target inklusi keuangan menjadi sebesar 90% pada tahun 2024.

Pada kesempatan ini, Kantor OJK Cirebon bersama dengan PT BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) Kantor Cabang Cirebon, mengadakan vaksinasi di SMP Negeri 6 Kota Cirebon dengan target pemberian vaksinasi sebanyak 500 vaksin untuk pelajar dan pembukaan Simpanan Pelajar sebanyak 1.088 rekening.

Hadir secara tatap muka di SMP Negeri 6 Kota Cirebon yaitu Anggota Komisi XI DPR RI Satori, Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono, CEO Regional III dan Pemimpin Cabang Cirebon PT BPD Jawa Barat dan Banten (BJB) serta undangan untuk melakukan peninjauan pada kegiatan vaksinasi di SMP Negeri 6 Kota Cirebon.

Berita Terkait : Minat Generasi Muda Menjadi Petani Masih Sangat Rendah

Pelaksanaan pekan vaksinasi dan Simpel ini terhubung secara virtual di 4 Kota/Kabupaten yaitu Kota Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Cirebon.

Anggota Komisi XI DPR RI Satori secara khusus menyampaikan apresiasi kepada OJK dan BJB dapat menggabungkan kegiatan vaksinasi sekaligus pembukaan rekening Simpel sehingga selain mendukung terbentuknya herd immunity di kalangan pelajar juga mendidik siswa untuk dapat belajar merencanakan keuangan sejak dini.

Di penghujung acara, dilakukan pemberian Buku Tabungan Simpel secara simbolis oleh para tamu undangan yang hadir kepada perwakilan peserta didik di SMP Negeri 6 Kota Cirebon sebagai rangkaian Bulan Inklusi Keuangan 2021.

Bulan Inklusi Keuangan kali ini diharapkan dapat menjadi momentum dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional yang didukung dengan percepatan pemberian vaksinasi bagi seluruh kalangan.

Berita Terkait : Kapolresta Cirebon Memantau Vaksinasi di Puskesmas Nenggela

Dengan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan, sinergitas antar Lembaga dan juga dukungan pihak legislatif diharapkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Ciayumajakuning akan semakin meningkat.

Sebagai aksi nyata dukungan dari Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka percepatan inklusi keuangan terutama di kalangan pelajar yaitu dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) nomor 421/101-EKONSDA tanggal 30 September 2021 tentang Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang bertujuan menghimbau seluruh peserta didik di Kota Cirebon untuk membuka rekening tabungan pelajar yang diterbitkan Lembaga Perbankan.

Kepala OJK Cirebon Mohammad Fredly Nasution di akhir kegiatan vaksinasi menyampaikan dengan sinergi yang solid dari seluruh pihak; DPR RI, OJK, Pemerintah Daerah, Lembaga Jasa Keuangan, serta seluruh lapisan masyarakat, upaya percepatan pemulihan ekonomi dan perluasan literasi serta inklusi keuangan melalui pembukaan rekening Simpel ini diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik bagi masyarakat di Wilayah III Cirebon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK Cirebon juga berpesan agar selalu waspada terhadap pinjaman online ilegal yang masih marak.

Berita Terkait : Kapolres Subang Vaksinasi Sambil Beri Sembako kepada Lansia di TPI Genteng

"Caranya dengan memastikan sebelum pinjam bahwa pinjaman online yang akan digunakan adalah resmi dan sudah dicek melalui www.ojk.go.id atau whatsapp 081-157-157-157 serta calon peminjam sudah menghitung kebutuhan serta kemampuan membayarnya," ucapnya.

Modus penawaran, lanjutnya, melalui sms atau aplikasi pesan lainnya agar diabaikan dengan cara blokir lalu hapus pesan karena sekali terjebak pinjaman online illegal maka akan susah lepas dari teror dan pencemaran nama baik.

“Jika dirugikan karena ancaman, segera laporkan kepada Kepolisian karena ada dugaan pidana," pesannya. (RLS/MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal