Disdukcapil Subang Fasilitasi Pasangan Nikah Siri Tercatat di Kartu Keluarga

Senin, 25 Oktober 2021, 21:30 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Pasangan yang telah melakukan nikah siri bisa memiliki kartu keluarga. Untuk itu, mereka yang nikah siri, belum punya kartu keluarga, bisa mengajukan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang Sumarna, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) pada Disdukcapil Kabupaten Subang Iwan Firmansyah mengatakan, pemerintah dalam hal ini Dukcapil Kemendagri, melihat kondisi yang ada di masyarakat.

"Di masyarakat masih banyak keluarga yang sudah menikah, dan punya anak, tapi tidak memiliki buku nikah," ucap Iwan Firmansyah di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Senin (25/10/2021).

Berita Terkait : Ukir Sejarah, Tim Grasstrack Subang Lolos BK Porprov Jawa Barat 2022

Maka, lanjut Iwan, dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, walaupun nikah siri atau belum tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA), bisa dicantumkan suami istri di kartu keluarga.

"Hanya ada formulir yang harus diisi, yaitu Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak perkawinan belum tercatat atau atau SPTJM perkawinan," ucap Iwan.

Bedanya, lanjut Iwan, bagi yang sudah memiliki buku nikah akan ditulis kawin tercatat di kartu keluarga. Sedangkan, yang belum memiliki buku nikah tapi mengisi SPTJM akan ditulis nikah belum tercatat di kartu keluarga.

Berita Terkait : Ayo Ikut Vaksinasi! Kabupaten Subang Semakin Dekat Menuju PPKM Level 1

"Jadi walaupun belum punya buku nikah, jangan bimbang dan jangan ragu, Disdukcapil bisa memfasilitasi kartu keluarga," ujarnya.

Dari tahun 2019 lalu, tambahnya, telah banyak pasangan nikah siri yang punya kartu keluarga dengan mengisi SPTJM. "Tiap tahun ada ratusan pasangan nikah siri yang punya kartu keluarga," ujarnya.

Iwan menegaskan fasilitas ini bukan berarti Disdukcapil mendorong masyarakat tidak ke KUA, tapi hanya memfasilitasi masyarakat yang sudah menikah siri. "Yang belum menikah diarahkan ke KUA, agar pernikahan dicatatkan di KUA," ujarnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal