Anggota DPRD Subang H. Adik Inisiasi Pelayanan Adminduk Gratis Bagi Warga

Senin, 25 Oktober 2021, 17:03 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Anggota DPRD Kabupaten Subang H. Adik menginisiasi pelayanan perekaman dan pencetakan administrasi kependudukan (adminduk) yang terdiri dari KTP, KK dan Akta Kelahiran secara gratis bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Subang, tersebut, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang.

Kegiatan ini dilaksanakan di Roemah Perdjoeangan Kaoem Marhaen di Desa Rawameneng, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, mulai Senin hingga Rabu (25-27/10/2021).

Menurut H. Adik, inspirasi kegiatan ini dikarenakan persoalan adminduk yang meliputi KTP, KK dan Akta Kelahiran belum 100 persen dimiliki masyarakat.

Berita Terkait : Kapolres Subang Berharap FKPM Selalu Memberi Hal Positif Bagi Masyarakat

"Dari hal tersebut, saya sebagai pelayan rakyat memiliki inisiasi mengadakan kegiatan seperti ini," ucap H. Adik.

Selain itu, kata H. Adik, tidak dipungkiri Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang secara defacto dan dejure, bahwa pelayanan seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran bersifat gratis.

Faktanya, tambahnya, masih banyak masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan KTP, KK dan Akta Kelahiran masih dipungut biaya sangat besar.

"Hari ini, saya dan Bupati Subang Ruhimat ingin membuktikan bahwa pelayanan administrasi kependudukan betul-betul zero rupiah," ucapnya.

Berita Terkait : Kapolres Subang Vaksinasi Sambil Beri Sembako kepada Lansia di TPI Genteng

Karena, lanjutnya, adminduk merupakan hak asasi manusia atau hak warga negara, sehingga ia dan Pemkab Subang hadir di tengah - tengah masyarakat untuk memberi pelayanan adminduk.

"Kita hadir di tengah-tengah rakyat untuk mempermudah urusan rakyat. Makanya, kita melaksanakan gerakan seperti ini di tingkat desa untuk mengatasi keluhan masyarakat," ucapnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, pendaftarnya, merupakan warga dari Desa Cilamaya Hilir, Cilamaya Girang, Rawameneng dan Jayamukti, serta warga desa lainnya.

"Dari data yang masuk ke kita, hampir 1.000 orang yang daftar terdiri dari KK, KTP dan Akta Kelahiran. Selama itu masyarakat Kabupaten Subang, kita layani, selama tiga hari," pungkasnya.

Berita Terkait : Camat Pusakanagara Apresiasi Polres Subang Gelar Vaksinasi di TPI Genteng

Sementara itu, dari sekian banyak warga yang buat adminduk, di antaranya, Lisah (18) dan Srimulyani (17). Mereka bersyukur dengan adanya kegiatan yang digagas H. Adik, anggota DPRD Subang.

Sebab, menurut mereka, kegiatan ini memudahkan mereka untuk membuat KTP. "Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena memudahkan kami untuk membuat KTP. Kami mengucapkan terima kasih banyak," katanya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal