Dinkes Subang Pastikan Vaksin Gratis, dr Maxi: Bila Berbayar, Lapor ke Polisi!

Jumat, 1 Oktober 2021, 16:47 WIB
Daerah Plus

LampuHijau.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang, Jawa Barat memastikan vaksin bagi warga tidak berbayar atau gratis. Sehingga bila ada yang merasa dipungut uang, agar melapor ke polisi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Subang dr Maxi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (1/10/2021). Dia menjelaskan, vaksin yang merupakan program pemerintah dipastikan gratis. Untuk itu, lanjut dia, jika ada pihak yang memungut uang dengan alasan tertentu agar tidak dilayani.

Berita Terkait : Mahyudin Laksanakan Vaksinasi Percepat Pencapaian Herd Immunity di Kaltim

"Karena vaksin dipastikan gratis," tegas dr Maxi.

Sebab, tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam vaksinasi Covid-19, ada insentif dari APBD Kabupaten Subang. Meskipun, lanjut dr Maxi, insentifnya saat ini belum cair dari APBD. Namun, nakes tidak diperbolehkan untuk meminta uang kepada pihak tertentu.

Berita Terkait : Dinkes Subang dan TNI-Polri Fokus Vaksinasi Desa yang akan Gelar Pilkades

"Kalau ada pihak tertentu melakukan ancaman tidak diberi vaksin karena tidak mau beri uang, silakan laporkan kepada kepolisian," ucapnya.

Dinkes, lanjut dr Maxi, memastikan vaksin akan diberikan termasuk kepada pihak perusahaan yang membutuhkan vaksin untuk karyawannya. "Jangan takut, vaksin akan dapat, tapi karena terbatas dan untuk pemerataan, jadi bertahap," ucapnya.

Berita Terkait : Polres Subang Gelar Vaksinasi Covid-19 di SMAN 3 dan Ponpes Jabal Thoriq

Makanya ia meminta masyarakat, untuk bersabar bagi yang belum dapat jatah vaksinasi, dan yang sudah divaksin agar selalu mematuhi protokol kesehatan. "Masyarakat agar selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ujarnya. (MGN)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal