Nggak Cuma Kasih Modal ke Startup, Telkomsel Mitra Inovasi Juga Utamakan Kolaborasi Jangka Panjang

Kamis, 22 Juli 2021, 21:04 WIB
Bisnis Expo

LampuHijau.co.id - Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) terus berkomitmen mengakselerasi perkembangan startup Tanah Air maupun global. Anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura ini juga mengaku, memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel, serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup.

Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan mengatakan, kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan itu bertujuan agar bisa memberikan manfaat sosial digital bagi setiap lapisan masyarakat secara lebih luas. "Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia, untuk mampu bersaing dalam skala global," tutur Marlin yang baru saja ditunjuk sebagai pucuk pimpinan di TMI saat acara virtual media update, Kamis (22/7/2021).

Berita Terkait : Sukseskan KTT ke-43 ASEAN, Telkomsel Pastikan Kesiapan dan Kemudahan Akses Jaringan

TMI sendiri, diungkapkan Marlin, saat ini berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data, dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur. Hingga saat ini, dikatakannya, ada sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI.

"Hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya," ungkapnya.

Berita Terkait : Perppu Cipta Kerja Dibutuhkan untuk Kepentingan Ekonomi Jangka Panjang

Kemudian, sejak awal didirikan tahun 2019 lalu, TMI sendiri telah melakukan investasi sekitar USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Sementara Marlin berkeinginan, ke depannya TMI semakin dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup yang lebih luas lagi.

Berita Terkait : Jelang Nataru 2023, Telkomsel Optimalkan Kapasitas dan Kualitas Jaringan di 493 Titik Prioritas

"Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan. Semoga segala upaya tersebut mampu mendorong pemberdayaan calon digital-preneurs di Indonesia dan dunia, melalui pemanfaatan ekosistem digital yang dimiliki oleh Telkomsel, demi penguatan ekosistem digital Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan," pungkas Marlin. (Asp)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal