Pelaku UMKM Bakal Dapat Bantuan Modal Rp 2,4 Juta

Rabu, 12 Agustus 2020, 22:27 WIB
Bisnis Expo

LampuHijau.co.id - Upaya pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN) mulai dijalankan Kementerian Koperasi dan UKM. MenkopUKM Teten Masduki mengatakan, sebanyak 9 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan mendapatkan bantuan modal kerja pada pertengahan Agustus 2020. Kata Teten, bantuan modal kerja yang diberikan sebesar Rp 2,4 juta tersebut ditujukan untuk mendorong produksi UMKM di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Berita Terkait : Bagi Pelaku UMKM, Sarana Jaya Fasilitasi Kegiatan Jak Preneur Fest

Pandemi Covid-19 dinilai telah menekan sektor UMKM baik dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga permintaan. "Jadi ini kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kita kick off," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Rabu (12/8).

Berita Terkait : Pelaku Usaha di Banjarmasin Sambut Baik Pengesahan UU Cipta Kerja

Nantinya dana modal kerja tersebut akan langsung ditransfer kepada penerima. Syaratnya penerima merupakan UMKM yang belum pernah menerima pinjaman atau tidak sedang menerima pinjaman. Teten bilang masalah data telah dilakukan koordinasi untuk verifikasi dan validasi bersama oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Keuangan, dan Otoritas Jasa Keuangan. Sebelumnya data dikumpulkan dari berbagai kementerian dan lembaga. "Telah terkumpul sekitar 17 juta usaha mikro yang bersumber dari koperasi, kepala dinas, OJK, Himbara, Kementerian dan Lembaga, BUMN, dan BLU," terang Teten.

Berita Terkait : Pelaku UMKM Harus Kuasai Ketrampilan Bisnis Digital.

Langkah terakhir mengenai persiapan pemberian bantuan modal kerja tahap pertama juga diungkapkan oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani. Dana tersebut sepenuhnya menggunakan danaPEN. "Saat ini kami sedang finalisasi untuk 9 juta target penerima," terang Askolani. Askolani bilang program tersebut direncanakan meluncur pada 17 Agustus mendatang. Hal itu bertepatan dengan hari kemerdekaan ke 75 Indonesia. (Bit)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal