JaKreatiFest 2024 Ditutup, BI DKI Catat Transaksi Penjualan Capai Rp 12 Miliar

JaKreatiFest 2024 di Mal Kota Kasablanka resmi ditutup. (Foto: ist)
Minggu, 9 Juni 2024, 21:29 WIB
Bisnis Expo

LampuHijau.co.id - Setiap tahunnya, Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) hadir dengan semangat dan inovasi pada setiap penyelenggaraannya.

Pada tahun 2024 ini, JaKreatiFest diselenggarakan pada tanggal 6-9 Juni 2024 di Mal Kota Kasablanka yang juga bertepatan dengan momentum kemeriahan HUT DKI Jakarta Ke-497 dan pembukaan Jakarta Great Sale.

JaKreatiFest disambut antusiasme yang meriah dari pelaku usaha, para stakeholder terkait dan masyarakat luas, yang multiplier effect-nya diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta.

Pada acara Awarding & Closing Ceremony, Minggu (9/6/2024), Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Industri Jasa Keuangan, Asosiasi, E-Commerce, dan seluruh stakeholders.

Berita Terkait : Jakreatifest 2024, Inisiatif Bank Indonesia Dukung Jakarta Kota Global

Sehingga kegiatan JaKreatiFest dapat terlaksana dengan khidmat, lancar. Dan harapannya, dapat memberikan manfaat nyata bagi perekonomian Jakarta.

Keberhasilan penyelenggaraan JaKreatiFest 2024 merupakan pencapaian bersama dari hasil sinergi dan kolaborasi yang terjalin secara erat bersama seluruh pihak yang terlibat. Dalam empat hari penyelenggaraannya, JaKreatiFest 2024 telah menunjukan pencapaian yang positif.

Terdapat lebih dari 30 ribu pengunjung yang hadir secara langsung di Mal Kota Kasablanka, yang sukses mencatat transaksi penjualan dan business matching hingga Rp 12 miliar. Nominal ini diperkirakan akan terus bertambah sejalan dengan penjualan produk-produk UMKM secara online yang juga dipasarkan di marketplace Shopee hingga 30 Juni 2024.

Dalam rangka ketahanan pangan, telah terlaksana pula fasilitasi penandatanganan MoU Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan enam mitra di seluruh Indonesia, guna menjaga kestabilan pasokan komoditas penyumbang inflasi, antara lain beras, daging sapi, daging ayam, dan bawang merah.

Baca Juga : Idul Adha adalah Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan literasi & edukasi dalam bentuk talk show serta booth informasi dan layanan juga berlangsung dengan sangat baik.

Tercatat, total 3.939 peserta dan pengunjung yang hadir, baik secara langsung maupun online, untuk menyaksikan talk show dengan berbagai tema. Tema itu meliputi UMKM ekspor, ekonomi syariah, pengendalian inflasi, digitalisasi, pelindungan konsumen dan keuangan inklusif, serta informasi seputar digitalisasi layanan transportasi, pariwisata, kupva, sertifikasi halal, Cinta Bangga Paham Rupiah, Identitas Kependudukan Digital (IKD), pencetakan KTP, pembayaran pajak digital hingga penukaran uang rupiah.

Jumlah partisipasi ini menunjukan sambutan yang postif dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam mendukung dan menggali berbagai informasi dari JaKreatiFest 2024 ini.

Penyelenggaraan kegiatan JaKreatiFest 2024 merupakan hasil dari sinergi dan kolaborasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta bersama seluruh stakeholder terkait yang patut terus dijaga keberlanjutannya.

Baca Juga : Bertemu Kawan Wesel Batangsari, Kang Niko Rinaldo Diminta Gelar Open Turnamen Voli Terbesar di Kabupaten Subang

Diharapkan, kerja bersama ini dapat mendorong kreativitas, inovasi, dan inspirasi khususnya bagi pelaku UMKM, ekonomi kreatif, ketahanan pangan, digitalisasi dan ekonomi syariah, sehingga mampu memberikan hasil yang konkret dalam meningkatkan daya saing pelaku UMKM, guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inklusif serta mengokohkan posisi Jakarta sebagai Kota Global. (ULI)

Index Berita
Tgl :
Silahkan pilih tanggal untuk melihat daftar berita per-tanggal