LampuHijau.co.id - Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital saat Natal dan Tahun Baru 2023 (NARU). Untuk itu, pihaknya telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.
"Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah," tutur Direktur Network Telkomsel Nugroho, di Jakarta, Senin (19/12/2022).
Lebih lanjut ia menjelaskan, guna mendukung itu, Telkomsel Juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps. "Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual," ungkapnya.
Selain itu, Nugroho memproyeksikan, akan ada lonjakan trafik layanan data (payload) yang akan mengalami peningkatan sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.
"Setiap tahun, Telkomsel sebagai digital society enabler secara konsisten terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam menikmati kemeriahan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023," ujar Nugroho.
Dikatakannya, layanan media sosial diprediksi tumbuh sekitar 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekitar 29,4 persen.
Baca juga : Jelang Nataru 2023, Ekonom: Pemerintah Harus Jaga Stok Pangan & Kurangi Impor
"Layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekitar 35 persen. Telkomsel juga memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen," ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, SVP Consumer Sales Operation Telkomsel Gilang Prasetya mengatakan, kesemuanya itu dilakukan untuk memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik kepada pelanggan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2023.
"Kita ingin memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Untuk itu kita siagakan juga Virtual Posko 24 jam yang diperkuat oleh 1106 personil dan dibantu oleh 987 mitra yang siap siaga dari tanggal 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023," terangnya.
Baca juga : Harus Transparan, Tata Kelola Organisasi dan Keuangan KONI DKI Jakarta
Bahkan, ia mengatakan, Virtual Posko tersebut akan selalu memantau seluruh jaringan Telkomsel, yang diprediksi bakal terjadi lonjakan trafik hingga jika terjadi cuaca buruk. "Kami akan terus menjaga dan memantau jaringan serta akan siap mengambil langkah-langkah antisipatif jika terjadi ganguan. Namun, kami berharap tidak akan terjadi hal itu dan alam tetap bersahabat dengan kita," tandasnya. (Asp)